Slade

Welcome in SMK Muhammadiyah Kramat, Jalan Garuda Nomor 9, Kemantran, Kramat, Tegal 52181. Telp. (0283)6144891 e-mail : smkmuhkramat@gmail.com Spirit Muktamar Ke-47: Makasar "Dakwah Pencerahan Untuk Indonesia Berkemajuan"

Senin, 09 April 2012

Tips Hemat Bahan Bakar Kendaraan



Melakukan efisiensi hingga 3 persen setara mengurangi emisi gas CO2 sebanyak 132 kg/tahun.

V-Kool
VIVAnews - Pemerintah telah menunda menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk sementara. Namun, tidak menutup kemungkinan harga bensin bersubsidi akan naik dalam waktu 6 bulan ke depan bila harga minyak dunia meningkat.
Kecenderungan harga BBM yang terus meningkat, membuat pemilik kendaraan berpikir agar dapat mengonsumsi BBM dengan hemat.

Ada beberapa kiat atau tips agar dapat mengonsumsi BBM dengan hemat. Selain hemat, juga dapat membantu mengurangi polusi udara.
Diantaranya, saat mengendarai kendaraan, usahakan membatasi kecepatan kendaraan rata-rata 60 km/jam. Memeriksa tekanan angin pada ban juga dapat membantu menghemat BBM. Jika tekanan angin pada ban kurang  atau di bawah standar yang disarankan oleh pabrik, maka konsumsi BBM menjadi boros hingga 15 persen.
Cara lain untuk menghemat BBM adalah mengurangi beban mobil.  Artinya, jangan membawa beban atau barang berlebihan. Bila terlalu banyak muatan, mobil akan berat dan kerja mesin menjadi lebih berat, akibatnya konsumsi BBM juga menjadi lebih banyak.
Selain itu ada beberapa cara agar konsumsi BBM dapat hemat. Salah satu caranya adalah memasang kaca film. Dengan memasang kaca film dapat mengurangi penggunaan penyejuk udara atau AC untuk mendinginkan ruang kabin mobil.
Pemakaian kaca film V-Kool akan menolak panas infra merah sinar matahari sebesar 98 persen. Sinar matahari tidak terlalu menyebabkan panas pada kabin kendaraan, sehingga saat menyalakan atau menghidupkan penyejuk udara, AC dapat dipasang pada tingkat minimum. Dampaknya, beban untuk menyalakan AC yang kecil akan meningkatkan efisiensi BBM mobil.
Dengan demikian, kaca film V-Kool dapat menghemat sekitar tiga persen pengunaan BBM. Melakukan efisiensi hingga tiga persen setara dengan mengurangi emisi gas CO2 sebanyak 132 kg/tahun.
Kaca film merek V-Kool menolak sinar ultra violet hingga 99 persen, bahkan bagian dalam mobil akan terlindungi dari kerusakan dan bahaya kanker kulit akibat paparan sinar ultra violet yang berlebih.
Ada kebiasaan pemilik kendaraan sebelum pergi selalu memanaskan mesin mobil atau motor dengan waktu yang cukup lama. Namun saat ini tidak perlu memanaskan mesin mobil hingga lebih dari lima menit. Cukup beberapa menit, setelah itu mobil atau motor dijalankan secara perlahan dengan kecepatan konstan.
Beberapa tips di atas mungkin layak Anda coba sambil tentunya berusaha mencari bahan bakar alternatif, merencanakan setiap perjalanan Anda dengan mencari jalur alternatif atau mengurangi penggunaan kendaraan dan beralih ke moda transportasi yang ramah lingkungan. Selamat mencoba! (WEBTORIAL)

Sumber : Viva News, oleh  Ririn Aprili, Senin, 9 April 2012, 00:03 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar