Slade

Welcome in SMK Muhammadiyah Kramat, Jalan Garuda Nomor 9, Kemantran, Kramat, Tegal 52181. Telp. (0283)6144891 e-mail : smkmuhkramat@gmail.com Spirit Muktamar Ke-47: Makasar "Dakwah Pencerahan Untuk Indonesia Berkemajuan"

Senin, 16 April 2012

Mendikbud: Hadapilah UN dengan Tenang


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memberikan imbauan kepada seluruh peserta Ujian Nasional (UN) agar melaksanakan UN dengan tenang. Hal itu ia sampaikan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SMAN 13 Jakarta utara, Senin (16/4/2012).
"Semua harus tenang. UN sebagai bagian dari meniti masa depan, hadapi dengan tenang sehingga hasilnya akan baik," kata Nuh.
Nuh mengatakan, seluruh peserta UN jangan terjebak pada perbuatan spekulatif dengan mempercayai isu bocornya naskah UN. Ia mengimbau, akan lebih baik jika siswa peserta UN mempersiapkan diri dengan belajar. "Yang pasti adalah belajar, jangan terjebak pada hal yang spekulatif. Soal UN aman karena kita kawal dari percetakan sampai titik di rayon," ujarnya.

Dijelaskannya, ada tiga kerugian yang akan diterima jika peserta UN melakukan kecurangan. Yakni, hilangnya konsentrasi karena dibayang-bayangi rumor bocornya kunci jawaban, kerugian finansial karena perlu biaya untuk mendapatkan kunci jawaban yang spekulatif, dan terjebak pada harga dirinya sendiri, karena melakukan kecurangan saat seharusnya jujur.
"Semua memiliki harapan yang sama. UN harus berjalan jujur agar mendapatkan hasil yang baik. Merekalah generasi yang akan menggantikan kita nanti," pungkasnya.
Sebagai informasi, soal UN tahun ini memiliki lima paket soal yang berbeda. Jika tahun lalu, lima paket soal hanya diacak nomornya, tetapi tahun ini soalnya dibedakan dengan bobot kesulitan yang sama.

Sumber : http://edukasi.kompas.com

Indra Akuntono | Lusia Kus Anna | Senin, 16 April 2012 | 08:50 WIB

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar