Slade

Welcome in SMK Muhammadiyah Kramat, Jalan Garuda Nomor 9, Kemantran, Kramat, Tegal 52181. Telp. (0283)6144891 e-mail : smkmuhkramat@gmail.com Semangat Milad Muhammadiyah Ke 108 Miladiyah"

Sabtu, 31 Maret 2012

Mobil Tersohor di Dunia Karya Anak Bangsa


Mobil terbaru yang dibuat desainer Indonesia adalah Toyota New Yaris

Daihatsu A-Concept (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
VIVAnews - Desainer asal Indonesia terus menunjukkan kemampuannya membuat mobil-mobil yang dipasarkan di dunia. Karya anak bangsa sudah mulai diperhitungkan oleh produsen otomotif dunia. Mulai dari Toyota, Daihatsu, dan Volkswagen.

Yang paling terbaru adalah desain Toyota New Yaris. Asesoris mobil hatchback buatan Jepang ini merupakan hasil karya Wahyu Kusuma Danny. Desainer asal Surabaya ini membuat desain aerokit untuk New Yaris versi TRD.

Tentunya ini sebuah kebanggaan, karena mobil Yaris standar yang dirakit di Thailand memiliki versi modifikasi dengan aerokit TRD yang dibuat oleh sarjana lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Alhasil, Thailand harus menunggu kiriman dari Indonesia, untuk mendapatkan New Yaris TRD. "Butuh waktu dua tahun untuk menciptakan desain asesoris New Yaris. Mulai dari rendering (proses akhir model 3D), pembuatan sketsa hingga final desain, dan akhirnya disetujui oleh Toyota dan TRD," kata Wahyu, yang menjabat Chief Designer Toyota Astra Motor kepada VIVAnews, Kamis 29 Maret 2012.

Adapun untuk tambahan bodykit New Yaris diadopsi dari bentuk pesawat jet tempur, sehingga memiliki kesan agresif dan tajam. Wahyu mengaku tidak mudah menambahkan kesan agresif di mobil ini. Apalagi, bobot bodykit tidak boleh lebih dari 4 kilogram.
"Mendesain asesoris mobil tidak mudah, karena harus menyesuaikan karakter mobil itu sendiri. Saya yakin desainer lokal sudah mampu dan tak kalah bersaing dengan desainer Jepang dan Eropa," kata pria yang pernah mendesain beberapa bandara di Indonesia.

Prestasi serupa juga ditorehkan Mark Widjaja. Pria yang juga lulusan ITS ini berhasil merampungkan desain A-Concept di markas Daihatsu di Osaka Jepang. Mobil yang rencananya diplot Daihatsu sebagai low cost car di Tanah Air desainnya terinspirasi dari Monas.

"Konsep desain A-Concept salah satunya terinspirasi dari Monas, terutama bentuk pelintiran pada bagian atas (api). Bentuk ini kemudian diaplikasi pada bagian-bagian tertentu seperti desain velg dan pembuka pintu," kata Mark saat berbincang dengan VIVAnews dalam ajang IIMS 2011.

Anak muda angkatan 1997 ini dipilih oleh prinsipal Daihatsu Motor Company dengan mengalahkan tiga desainer dari Jepang. "Keberhasilan saya karena mampu menciptakan desain khusus untuk market Indonesia dan luar negeri," kenangnya.

Tak kalah membanggakan dari keduanya adalah Chris Lesmana. Ia berhasil merancang dua mobil terbaru dari pabrikan asal Jerman, Volkswagen. Mulai dari New Beetle dan VW Up.

Chris menggarap VW Up bersama dengan Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone. Desain patennya terdaftar di Amerika Serikat pada 2008. VW Up merupakan mobil konsep VW untuk mobil perkotaan. Selain Up, Chris juga ikut dalam proyek mobil sedan VW pada 2011. (art)

(Sumber : VIVAnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar