Slade

Welcome in SMK Muhammadiyah Kramat, Jalan Garuda Nomor 9, Kemantran, Kramat, Tegal 52181. Telp. (0283)6144891 e-mail : smkmuhkramat@gmail.com Spirit Muktamar Ke-47: Makasar "Dakwah Pencerahan Untuk Indonesia Berkemajuan"

Rabu, 02 Mei 2012

Pameran Hardiknas Hadirkan Keunggulan SMK

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pameran di pelataran parkir Kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta. Pameran ini berlangsung selama dua hari, yaitu 2-3 Mei 2012. Peserta pameran adalah unit utama di lingkungan Kemdikbud dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai daerah.
Pameran dimeriahkan stand-stand dari Sekretariat Jenderal Kemdikbud, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan), Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, Badan Penelitian dan Pengembangan, dan unit eselon 1 lainnya. Selain itu, pameran juga diramaikan stand-stand SMK Negeri yang memperlihatkan hasil karya mereka, seperti makanan, batik, ukiran, dan produk animasi dan multimedia.
Hasil karya siswa SMK tersebut menjadi salah satu bukti konkret tema Hardiknas 2012, yaitu “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”. Karena dalam pameran tersebut, banyak karya positif dan berguna yang dihasilkan siswa-siswa SMK. Sebut saja SMKN 1 Cerme, Gresik, Jawa Tengah, yang unggul di bidang kimia industri. Mereka berhasil memproduksi biodiesel sebagai energi alternatif yang terbuat dari minyak jelantah, dan menjadikan kulit durian sebagai bahan energi baterai.
Ada juga SMKN 1 Pacet, Cianjur, Jawa Barat, yang unggul di bidang pengolahan hasil pertanian. Mereka memproduksi keripik daun singkong rasa paru sapi, keripik daun wortel, keripik daun bayam, abon jantung pisang, dan lain-lain. Irma, salah satu guru Pembina di SMKN 1 Pacet mengatakan, produk dari pengolahan hasil pertanian ini dipasarkan secara luas, di tempat-tempat wisata, hingga pemasaran di dunia maya (online).
Kemudian satu stand yang paling ramai dikunjungi adalah stand SMKN 9 Bandung, Jawa Barat. SMK berlabel RSBI ini unggul di bidang pariwisata, terutama dalam jasa boga. SMK ini mendapat predikat SMK Unggulan Vokasi di Kota Bandung. Dalam pameran di Kemdikbud, mereka menjajakan macam-macam makanan dan minuman, dan mendapat respon yang sangat baik dari pengunjung. Hampir semuanya terjual habis. Beberapa makanan di antaranya bakso, batagor, roti, dan berbagai kue kering dan basah. Nawal, seorang ibu guru di SMKN 9 Bandung menuturkan, di sekolah siswa-siswanya mendapat pembelajaran dalam memproduksi dan memasarkan hasil praktik boga mereka. Sehingga saat lulus SMK, mereka bisa langsung bekerja, atau berwirausaha. (DM)

Sumber : Kemdiknas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar